(021) 4353790
info@smkpjakarta.sch.id
Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Indonesia. 14340

Kata Sambutan Kepala Sekolah

Drs. H. Rd. Hartono Danukusumo B. Sc , lahir di Jogjakarta pada tanggal 13 Mei 1947. Menempuh pendidikan di Akademi Maritim National Jakarta ( AMANJAYA), lulus pada tahun 1970. Pada tahun 1973, Drs. H. Rd. Hartono Danukusumo mendirikan Sekolah Pelayaran JAKARTA pada saat itu bernama Sekolah Pelayaran Menengah ( SPM JAKARTA) dan menjabat sebagai Kepala Sekolah.

#

Pada tahun 1980 Drs. H. Rd. Hartono Danukusumo menjadi karyawan Pertamina Perkapalan dan berlayar selama 5 tahun, jabatan Kepala Sekolah Menengah JAKARTA dilimpahkan untuk sementara kepada pelaksana harian. Tahun 1985 Drs. H. Rd. Hartono Danukusumo ditugaskan untuk menduduki jabatan di kantor Pusat Pertamina di bagian Biro Operasi Perkapalan dengan Jabatan Programmer kapal-kapal non BBM

Pada tahun 1989 Beliau melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara YAPAN ( STIA YAPAN), lulus pada tahun 1992.Drs. H. Rd. Hartono Danu Kusumo Pensiun dari Pertamina pada tahun 2003 dengan masa bakti 23 tahun. Beliau menjadi kepala sekolah penuh sejak menduduki masa pensiun sampai saat ini

Kata Sambutan Yayasan Bahari

Ibu Yayasan Bahari Sejati. Hj. R. Ellis Tjintasih B. Sc. Lahir di Cirebon 08-08-1947. Menempuh pendidikan terakhir di Akademi Maritim Nasional Jakarta ( AMAN JAYA ). Lulus pada tahun 1970. Ibu yang mantan Taruni AMANJAYA dan karyawan Departemen Kesehatan (DEPKES) staff Hubungan Luar Negri ini turut bergabung dengan Bpk. Drs. Rd. H. Hartono Danukusumo untuk mendirikan Pendidikan dibidang pelayaran. Yang pada akhirnya dibentuk satu badan hukum sebagai payung untuk melindungi dalam segala aktifitas kegiatan organisasi.

#

Yayasan Bahari Sejati adalah sebagai payung hukum untuk menjamin terselenggaranya pengelolaan pendirian pendidikan SMK Pelayaran "JAKARTA". Yayasan Bahari Sejati sebagai mitra pemerintah berkomitmen dan bertanggung jawab di dalam perjalanan penyelenggaraan pendidikan Yayasan Bahari Sejati sejak berdiri tahun 1972.

Memiliki cita-cita luhur dengan suatu kesadaran yang tinggi dan satu tujuan yaitu menghasilkan sumber daya manusia yang berakhlak, berbudi luhur dan hidup secara mandiri. Terbentuknya Badan hukum yang diberi nama Yayasan Bahari Sejati, merupakan contoh dari pada generasi muda yang pada saat itu telah berhasil lulus dari Akademi Maritim Nasional Jakarta (AMANJAYA) yang ingin memberikan kontribusi kepada pemerintah secara spontan bersama-sama kawan-kawan untuk membentuk lembaga pendidikan dibidang pelayaran (Kemaritiman).

Kami dan kawan-kawan memiliki logika bahwa lembaga pendidikan Pelayaran yang dihasilkan dari tingkat SMP pada tahun 1972 belum ada di seluruh Indonesia. Sedangkan di tingkat Akademi seperti AIP, AMI, AMANJAYA, AKPELNI sudah sejak lama ada. Dengan dasar dan kesadaran yang tinggi itulah saya dan kawan-kawan sekali lagi secara serius untuk membantu pemerintah sebagai mitra mendirikan lembaga pendidikan setingkat SLA. Yaitu dari mereka yang telah menempuh ujian SMP dapat melanjutkan ketingkat yang sejajar dengan SLA, yaitu Sekolah Menengah Pelayaran yang selanjutnya kami beri nama Sekolah Pelayaran Menengah (SPM) JAKARTA. Tujuan untuk mendirikan SPM kami laporkan ke Departemen Perhubungan Laut dan mendapat respon positif. Berkat hasil kerja keras cita-cita kami akhirnya berhasil dengan kemampuan yang kami miliki dan ketetapan hati mendirikan lembaga pendidikan tingkat menengah menjadi mimpi yang nyata tidak sekedar fata- morgana(angan-angan).

Inilah awal dari terbentuknya suatu Badan Hukum untuk menjamin jalannya suatu organisasi. Apa yang kami paparkan di atas adalah kronologis cikal bakal adanya Sekolah Pelayaran Tingkat Menengah di Seluruh Indonesia. Dimana pada tahun 1970 telah berdiri Sekolah Pelayaran Menengah (SPM) JAYA yang didirikan oleh Alumni AMANJAYA jurusan Tata Laksana. Bpk. Drs. H. Hartono sebagai pendiri dan Ketua satu yayasan Bahariwan 45. Dan Ibu Ellis Tjintasih sebagai Bendahara. Kemudian atas gagasan kawan-kawan sebagai generasi muda pada tahun 1973 dibentuklah SPM JAKARTA yang bernaung di bawah Badan Hukum Yayasan Bahari Sejati. Sesuatu yang menjadi suatu keyakinan harus melalui proses kerja nyata dan kerjasama, kerja bersama-sama.

Semoga apa yang menjadi tujuan Yayasan Bahari Sejati akan dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal'alamin.

Kata Sambutan Kepala Sekolah


VISI


IMTAQ, CERDAS, MANDIRI, TERAMPIL DALAM BERKARIR SERTA BERWAWASAN COMPERTENSIF

MISI


  • Membuat Dan Mempertahankan Satuan Pendidikan Dalam Menciptakan Produk Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas, Memiliki Integritas Dan Hidup Secara Mandiri.

  • Pencapaian Tujuan Organisasi Secara Maximal, Menanamkan Sikap Perilaku, Serta Berbudi Luhur Dengan Mencerminkan Kaidah Moral, Etika Secara Menyeluruh.